Candi Prambanan atau biasa di kenal dengan Candi Roro Jonggrang adalah kompleks candi Hindu terbesar yang ada di Indonesia. Candi ini menurut sejarah dibangun sebagai tempat beribadah umat Hindu. Candi dibangun sebagai persembahan untuk tiga dewa utama Hindu yaitu Brahma sebagai dewa pencipta, Wisnu sebagai dewa Pemelihara dan Siwa sebagai dewa pemusnah. Didalam candi utama terdapat arca dewa Siwa yang tingginya mencapai 3 meter.

Candi Prambanan terletak di Kecamatan Prambanan, Sleman,Daerah Istimewa Yogyakarta dan Kecamatan Prambanan, Klaten,Jawa Tengah. Candi Prambanan ini letaknya sangat unik karena persis di perbatasan antara Provinsi Jawa tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Candi Prambanan terletak di wilayah administrasi desa Bokoharjo, Prambanan,Sleman, Yogyakarta sedangkan pintu masuk kompleks candi terletak di wilayah administrasi desa Tlogo, Prambanan, Klaten, Jawa Tengah.

Candi Prambanan – Tour de Jogja

Menurut beberapa sumber, Candi Prambanan adalah termasuk dalam situs warisan dunia UNESCO dan sebagai candi terindah di Asia Tenggara. Arsitektur candi yang unik dan menjulang tinggi. Candi utama yang disebut candi siwa memiliki ketinggian sekitar 47 meter dan paling tinggi dibandingkan candi yang lainnya di kawasan candi Prambanan. Candi Prambanan yang dinobatkan sebagai candi tercantik di Asia Tenggara menjadi daya tarik bagi wisatawan asing untuk datang berwisata ke Candi Prambanan. Tidak hanya turis Asia saja tetapi turis manca negara dari seluruh Dunia.

Jarak Candi Prambanan dengan pusat kota Jogja sekitar 20 Km dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor atau mobil sekitar 45 menit apabila tidak terjadi kemacetan di perjalanan. Rute perjalanan dari pusat kota Jogja menuju Candi Prambanan dapat melalui :

  • Jl. Laksda Adisucipto dan Jl Raya Solo – Yogyakarta
  • Jl. Raya Berbah – Prambanan

Jika anda kebingungan anda bisa mengunakan Google maps untuk membantu rute perjalanan dari posisi anda berada menuju Candi Pramban

Telkom Akses – Candi Prambanan – Tour de Jogja

Wisata Candi Prambanan di buka setiap hari pada jam 06.00-17.00 WIB. Selain menikmati candi, ada wisata malam yang diselenggarakan di Kompleks Candi yaitu Sendratari Ramayana. Sendratari Ramayana dimulai pukul 19.30 WIB dan untuk jadwal pertunjukan hanya beberapa kali saja dalam seminggu yaitu Hari Selasa, kamis dan Sabtu. Pertunjukan biasa diselenggarakan di Panggung terbuka (Open Air Theatre) Ramayana Ballet Prambanan dan panggung tertutup (Gedung Trimurti Theatre) Ramayana Ballet Prambanan. Pertunjukan ini dilakukan di panggung terbuka yang bernama “panggung terbuka trimurti” berlatar belakang ketiga candi dewa yang megah tersebut apabila cuaca cerah dan tidak hujan.

Fasilitas yang disediakan untuk para pengunjung Candi Prambanan diantaranya :

  • Gazebo
  • Mushola
  • Souvenir Shop
  • Toilet
  • Golf cart
  • Restoran
  • Papan informasi
  • Tempat parkir yang luas
  • Guide
  • Spot Foto
    Fasilitas umum ini dapat dijumpai oleh pengunjung dengan mudah.

Sedikit tips untuk Anda yang akan berwisata ke Candi Prambanan:

  1. Pastikan anda berkunjung di cuaca yang cerah dan bawalah payung karena saat siang hari terik matahari sangat panas.
  2. Gunakan alas kaki yang nyaman agar tidak kerepotan saat menaiki tangga-tangga menuju candi.
  3. Anda diperbolehkan membawa makanan ringan dan minuman dari luar secukupnya saat masuk ke kawasan Candi Prambanan.

Rencanakan liburan/wisata tour anda ke Yogyakarta dengan pilih “Tour de Jogja” sebagai partner wisata tour dan pilih paket wisata yang kami sediakan salah satunya Candi Prambanan. Silahkan hubungi CS kami dengan klik icon WhatsApp. GRATIS!!!

Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *