Wisata Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan wisata yang baru dan unik di Yogyakarta. Beberapa orang menyebut Gumuk pasir ini sebagai Gurun Saharanya Yogyakarta. Gumuk Pasir Parangkusumo terbentuk secara alami tidak dibuat oleh manusia. Gundukan pasir terbentuk secara alami akibat tekanan angin yang membawa pasir pantai hingga terkumpul dan terbentuk gundukan. Material pasir tersebut disinyalir merupakan sisa vulkanik dari Gunung Merapi yang terbawa aliran sungai dan sampai ke pantai kemudian terbawa angin sampai membentuk gundukan.

Wisata Gumuk Pasir tidak hanya sekedar melihat gundukan pasir tetapi di lokasi wisata terdapat permainan yang disebut Sandoarding. Permainan Sanboarding ini adalah permainan meluncur menggunakan papan kayu dari atas gundukan pasir dan meluncur ke bawah. Permainan ini menyenangkan dan dapat memacu adrenalin. Jangan khawatir untuk papan seluncur ada tempat penyewaan jadi para pengunjung tidak perlu repot membawa papan untuk bermain Sanboarding.

SMPN 49 Jakarta – Gumuk Pasir Parangkusumo – Tour de Jogja

Gumuk Pasir ini selain dimanfaatkan untuk bermain Sanboarding juga terdapat beberapa spot foto yang menarik dan juga sering digunakan sebagai latar untuk membuat video klip atau sebagai background saat melakukan foto prewedding. Hamparan pasir yang luas menjadikan pengunjung dapat berfoto ria di berbagai sudut lokasi Gumuk Pasir.

Gumuk Pasir ini berlokasi Jl. Pantai Parangkusumo RT. 1, Grogol 10, Kretek, Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Atau lebih jelasnya berada di antara sungai Opak, Pantai Parangtritis hingga pantai Depok. Untuk jalan wisata ini sangat mudah di jangkau oleh kendaraan anda. Jarak dari pusat kota Jogja sekitar 28,5 KM dan waktu tempuh perjalanan sekitar 50 menit menggunakan mobil apabila tidak terjadi kemacetan di perjalanan. Jika anda bingung untuk rute perjalanan menuju Gumuk Pasir Parangkusumo anda bisa mencarinya melalui Google maps dari lokasi dimana anda berada.

Untuk yang berencana berkunjung ke Gumuk Pasir Parangkusumo sebaiknya anda datang dalam kondisi badan yang fit, dikarenakan terkadang saat cuaca terlalu panas akan membuat anda drop dan jatuh sakit. Selain itu sebaiknya anda datang saat cuaca cerah dan tidak hujan. Sebaiknya anda membawa makanan dan minuman sendiri agar lebih hemat dan siap untuk mengeksplore Gumuk Pasir Parangkusumo.

Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat memberikan informasi sedikit terkait Gumuk Pasir Parangkusumo.

Jika anda ingin berlibur atau wisata tour ke Yogyakarta, anda bisa memilih “Tour de Jogja” sebagai partner wisata anda. Kami akan membantu anda dalam mempersiapkan armada dan lainnya. Anda juga bisa memilih paket wisata sesuai yang anda inginkan.

Tak Berkategori

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *