Jogja atau Yogyakarta adalah kota di Indonesia yang terkenal dengan kekayaan budaya dan sejarahnya. Tidak hanya itu, Jogja juga dikenal sebagai kota kuliner yang memiliki berbagai makanan khas yang lezat dan unik. Berikut adalah beberapa makanan khas Jogja yang wajib dicoba jika berkunjung ke kota ini.

  1. Gudeg adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan berbagai rempah-rempah seperti daun salam, lengkuas, dan gula jawa. Biasanya gudeg disajikan dengan ayam kampung atau telur, serta nasi dan sambal krecek. Makanan ini memiliki cita rasa yang manis dan gurih, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai sarapan atau makan siang.
  2. Bakpia adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari tepung terigu, gula halus, dan kacang hijau. Bakpia memiliki dua varian, yaitu bakpia pathok yang berisi kacang hijau dan bakpia kurnia sari yang berisi kacang hijau atau coklat. Bakpia ini biasanya dijadikan oleh-oleh atau cemilan yang dapat dinikmati kapan saja.              

  3. Sate Klathak Sate Klathak adalah makanan khas Jogja yang terbuat dari daging sapi yang dipotong kecil-kecil dan ditusuk menggunakan tusuk sate. Kemudian sate tersebut dibakar dengan arang dan disajikan dengan bumbu kecap pedas. Makanan ini memiliki cita rasa yang nikmat dan dagingnya sangat empuk.
  4. Gudeg Pawon  adalah salah satu jenis gudeg yang terkenal di Jogja. Makanan ini disebut gudeg pawon karena dimasak menggunakan tungku tradisional yang disebut pawon. Gudeg Pawon memiliki cita rasa yang lebih kaya karena dimasak dengan waktu yang lebih lama dan menggunakan bahan-bahan yang lebih segar.
  5. Geplak adalah salah satu jenis kue tradisional khas Jogja yang terbuat dari campuran kelapa parut, gula merah, dan tepung ketan. Kue ini biasanya berbentuk bulat atau oval dan memiliki rasa manis yang khas. Geplak biasanya dijual di pasar tradisional atau di sepanjang jalan-jalan di kota Jogja                                               
  6. Tiwul adalah makanan yang terbuat dari gaplek atau singkong yang diolah dengan cara diproses secara tradisional. Tiwul biasanya disajikan bersama dengan sayur lodeh atau kuah gudeg atau dengan kuah gula jawa atau aren ditambah parutan kelapa. Makanan ini sangat populer di kalangan penduduk Jogja dan sering dijual di warung-warung makan tradisional.
  7. Sate Kere adalah makanan khas Jogja yang terdiri dari Gajih / lemak daging sapi atau ayam yang ditusuk dan dibakar dengan arang. Sate Kere biasanya disajikan dengan bumbu kacang/ bumbu kecap yang khas.

Itulah beberapa makanan khas Jogja yang sangat lezat dan unik. Selain makanan di atas, Jogja juga memiliki berbagai kuliner lainnya yang tidak kalah enak, seperti nasi kucing, pecel, dan jenang. Jangan lupa mencoba makanan khas Jogja saat berkunjung ke kota ini!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *